Googling Ban Mobil

Saya pasti googling dulu sebelum membeli sesuatu. Apalagi sesuatu itu harganya mahal.

Rencananya mau membeli ban tapi entah kapan. Sekumpulnya duit. Begitu ada duit, langsung dibeli. Tapi bingung mau membeli merek dan tipe ban apa.

Ketemu dua forum yang saya ubek-ubek; Kaskus & SerayaMotor. Dari kedua forum itu muncul ban apa saja yang bakal dipertimbangkan untuk dibeli.

DUNLOP SP SPORT LM704

lm704

Kelebihan yang paling banyak dibahas dari ban ini adalah bunyi yang dihasilkan kecil, tidak berisik. Harganya bervariasi. Soalnya ada yang sudah memasukkan biaya lain seperti Nitrogen, Balancing, bongkar-pasang dll ke dalam harga, ada juga yang tercantum itu hanya harga ban. Yang pasti harganya dibawah Rp900.000/ban.

Mahal buat saya sih harganya. Tapi kalau duit yang kekumpul cukup, beli saja. Itu juga kalau bisa ketemu produknya. Karena katanya produk ini sudah mulai jarang ditemui.

Alternatif ban lain yang sekelas; Bridgestone Turanza AR20, Michelin Energy XM2, Continental ComfortContact 6. Semuanya bagus berdasarkan yang saya baca. Dunlop SP Sport LM704 yang paling oke karena best value.

HANKOOK KINERGY EX

hankook

Nah ini mungkin bakal menjadi pilihan utama. Harganya sekitar Rp500.000/ban. Performanya oke untuk harga dan ban saingan yang sekelas.

Kayaknya untuk harga segini tidak ada alternatif lain yang bagus. Banyak yang tidak menyarankan GT Champiro Eco, Dunlop SP10, dan Dunlop Enasave EC300. Achilles juga tidak oke.

Entah yang mana nanti yang akan terbeli. Dunlop SP Sport LM704 atau Hankook Kinergy EX? Kemungkinan besar pilihan bakal jatuh ke Hankook.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s