Posted in Teknologi

Transfer Antar Bank Tanpa Biaya

Saya sangat mempertimbangkan yang namanya BIAYA. Biaya beli pulsa. Biaya bayar listrik. Biaya admin bank. Biaya transfer antar bank. Saya selalu mencari cara supaya bisa mendapatkan biaya yang paling kecil.

Dulu saya selalu membayar tagihan listrik dan telepon di Alfamart. Soalnya biaya admin disana paling murah. Tapi itu dulu. Sekarang kayaknya rata-rata mengenakan biaya admin yang sama. Jadi tidak masalah membayar dari mana saja.

Lalu ada lagi biaya admin bank. Kalau tidak pintar memilih, uang yang rencananya buat ditabung, malah makin berkurang. Bank favorit BNI Syariah. Tidak ada biaya bulanan dan fitur lengkap. Alternatif lain produk Jenius dari Bank BTPN. Bisa juga memilih produk Tabunganku yang ada dihampir semua bank tapi fiturnya minim.

Nah kalau biaya transfer antar bank, dulu cara saya menyiasatinya dengan langsung datang ke Bank. Lalu setor lewat teller. Cuma cara ini sudah cerita lama.

Sekarang saya menggunakan layanan dari Flip untuk urusan transfer antar bank. Soalnya Gratis! Cukup transfer ke rekening Flip yang sama dengan rekening kita, lalu Flip akan mentransfer menggunakan rekening yang sama dengan rekening bank tujuan kita.

flow-flip

Saya sudah menggunakan layanan ini. Terasa sekali keuntungannya. Supaya maksimal, aktifkan layanan internet banking. Jadi tidak perlu ke ATM untuk transfer.

Ada juga layanan sejenis yaitu Kliring. Sedikit berbeda dengan Flip, kalau Kliring tidak memerlukan verifikasi tatap muka. Dan di Kliring disodori semacam sumbangan yang nominalnya terserah. Tidak diisi juga boleh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s