Repotnya Mencari Bengkel Bagus

Ada tiga komponen mobil yang harus diganti; oli mesin, ban, bearing roda depan. Mencari bengkel untuk mengganti oli mesin mudah. Komponen biaya hanya harga oli saja. Gampang membandingkan antar bengkel. Proses pergantiannya pun mudah.

Nah kalau masalah ban dan bearing lebih rumit. Ambil contoh ban. Ada biaya bongkar-pasang, balancing dan isi nitrogen. Ada yang harganya sudah termasuk ketiganya, ada yang belum. Tipe dan merk ban pun ada bermacam-macam. Umur produksi ban pun berpengaruh (performa & harga ban). Bearing juga mirip dengan ban. Ada harga bearing, biaya press dan jasa mekanik. Kalau ke bengkel yang salah bisa mendapat produk palsu atau montir yang kerjanya kurang bagus.

Kemarin iseng tanya-tanya ke beberapa bengkel lewat internet. Di bengkel terkenal di Bintaro, biaya mengganti bearing Rp725.000 (bearing+biaya press+montir). Bearingnya sendiri harganya sekitar Rp400.000. Anjir, mahal banget. Kalau melihat di Tokopedia sekitar Rp250.000. Sisi positifnya, mereka menjawab pertanyaan saya.

Beda dengan dua bengkel lainnya. Bengkel di Sunter, pertanyaan saya dicuekin. Ada pertanyaan yang lebih baru malah sudah dijawab. Hiks. Sedangkan bengkel satunya lagi belum dijawab.

Rencananya mau tanya lagi ke bengkel yang lain lewat WA. Tapi ponsel kebawa sama istri pergi kerja. Kalau melihat kondisi bengkel di Google Maps, bengkelnya kecil. Takutnya barangnya palsu dan montirnya amatir.

Saya tinggal di Bintaro. Ada yang bisa kasih rekomendasi bengkel yang ok buat Avanza?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s