Posted in Kesehatan

Jangan Lakukan Ini Kalau Tidak Punya BPJS

Minggu kemarin dari Rumah Sakit. Total biaya yang dikeluarkan Rp642.000. Coba tebak sakit apa? Sakit telinga. Gara-gara membersihkan telinga menggunakan cottonbud.

Saya mencari informasi dulu sebelum mendatangi rumah sakit. Terutama ingin tahu biaya untuk masalah sakit telinga. Tidak banyak informasi yang saya dapat. Tapi biaya dokternya ada dikisaran Rp100.000-an. Kalau ditambah biaya obat dan biaya pendaftaran, saya menduga bakal menelan biaya sekitar Rp300.000. Ternyata saya salah.

bon rs

Sebenarnya perkiraan saya hampir tepat kalau tidak memperhitungkan biaya tindakan medik. Biaya tindakan medik ini gila-gilaan banget. Hanya untuk melihat bagian dalam telinga menggunakan alat canggih kena biaya Rp110.000. Tampon Rp160.000. Eduan!

Kalau melihat obat-obat yang harus dikonsumsi, harganya standar. Walau sebenarnya untuk obat penghilang nyeri Cataflam Fast, seharusnya minta obat generik saja. Mefinal satu strip kayaknya dulu pernah beli harganya Rp20.000-an.

Saya mungkin tidak akan heboh kalau punya BPJS. Mungkin nanti saya akan mendaftar BPJS. Tapi sebelumnya saya harus membuat Kartu Keluarga dulu. Tertunda terus.

Sementara ini, hal-hal yang perlu dilakukan sebelum punya BPJS:

  • Jangan mengorek kuping menggunakan cottonbud. Seandainya gatal ingin mengorek, basahin telinga supaya lembab.
  • Mending ke Puskesmas dulu dibanding ke rumah sakit. Pasti biayanya JAUH LEBIH MURAH. Apalagi sakit telinga gara-gara iseng, sepertinya sudah biasa bagi dokter THT.

Mudah-mudahan informasi ini berguna. Jangan sampai Rp600.000 keluar dari dompet anda dengan mudah. Ha ha ha. *puk puk dompet*

4 thoughts on “Jangan Lakukan Ini Kalau Tidak Punya BPJS

  1. kenapa ke rumah sakit ?? dokter spesialis di pinggir jalan juga ada kan ?
    pasti lebih mahal kalo ke rumah sakit, kalo ke dokter spesialis dkt rumah ane paling mahal sampe 400an itupun dengan obat.

    1. Sudah googling, dekat rumah ga ada dokter THT yang dipinggir jalan atau buka praktek sendiri. Rata-rata yang kayak begitu dokter gigi sama dokter mata.

      Sebenarnya pengen mencoba di puskesmas. Tapi pas googling, saya memperkirakan biaya dokter rumah sakit tidak akan sampai Rp300.000. Saya rasa masih terjangkau lah biaya segini. Ternyata saya salah.

      Mungkin lain kali ke puskesmas saja. Sekalipun tidak pakai BPJS, rasanya jauh lebih murah.

Leave a Reply

