Posted in Ekonomi

Bank Favorit

Kriteria utama saya ketika memilih menyimpan uang di sebuah Bank adalah bebas biaya bulanan. Tidak pernah mengharapkan hasil dari pendapatan bunga. Karena bunga bank sangat kecil dan uang yang disimpan juga sedikit. Tidak bisa menutupi biaya bulanan. Menyebalkan rasanya uang yang disimpan malah berkurang karena biaya bulanan.

Untuk kriteria ini, sebagian besar bank mempunyai produk yang namanya Tabungku. Jadi tidak kesulitan untuk memilih bank.

Kemudian saya berencana menggunakan bank untuk berwirausaha istri saya. Berarti saya mencari bank yang selain bebas biaya bulanan, juga mempunyai fitur internet banking. Setelah googling dan menyasar ke blog tabunganbank.blogspot.com, memutuskan untuk membuka rekening tabungan di BNI Syariah.

Saya membuka tabungan Hasanah. Ada dua jenis Hasanah, Wadiah dan Mudharabah. Wadiah tanpa bagi hasil dan tanpa biaya bulanan. Sedangkan Mudharabah ada bagi hasil dan ada biaya bulanan. Saya memilih Hasanah Wadiah.

Cerita tidak sampai disini. Setahun kemudian…

Istri saya berencana beriklan di Instagram. Ada dua pilihan pembayaran, kartu kredit atau transfer bank. Saya sudah mencoba transfer bank melalui internet banking dan ATM tapi selalu gagal. Alternatifnya menggunakan kartu kredit tapi tidak punya.

Lalu saya tahu tentang Virtual Credit Number. Jadi ini semacam kartu kredit virtual untuk pengguna kartu debit. Di BNI konvensional ada fitur ini tapi saya tidak tahu di BNI Syariah. Sempat googling lagi tapi tidak ada informasi. Akhirnya nekad dan ternyata ada fitur ini bagi nasabah BNI Syariah.

Kalau dirangkum, ini kelebihan produk Hasanah (Wadiah) BNI Syariah:

  • Tidak ada biaya bulanan
  • Ada internet banking dan SMS banking
  • Ada Virtual Credit Number (VCN)

Banyak keuntungannya ya. Sekarang ada juga produk menarik namanya Jenius dari BTPN.

2 thoughts on “Bank Favorit

Leave a Reply

