Posted in Teknologi

Xubuntu Core

Hal rutin yang gue lakukan setiap melakukan fresh install berbagai distro Linux adalah mengganti aplikasi-aplikasi standar dengan aplikasi-aplikasi favorit dan menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Kalau dipikir, rasanya percuma mengunduh Linux yang ‘gendut’ kalau pada akhirnya menghapus aplikasi standar dan diganti aplikasi lain. Kenapa tidak menyediakan Linux yang sudah ada desktop enviroment yang sudah dipoles tapi tanpa aplikasi-aplikasi. Biar pengguna yang menentukan isi komputernya.

Gue pernah memberikan usulan ini ke komunitas Linux Lite. Sayangnya usulan gue ditolak. Mungkin mereka tidak terkendala dengan urusan bandwidth seperti gue.

Gembira banget ketika membaca berita Xubuntu mengeluarkan produk Xubuntu Core. Isinya seperti yang gue inginkan, minimalis! Tidak ada browser, text editor, pokoke minimal. Ukuran berkas .iso hanya 600 MB. Biasanya distro Linux yang pakai XFCE mempunya .iso diatas 1 GB.

Minimalis tapi proses instalasinya seperti distro keluarga Ubuntu kayak biasa kok. Tidak berbasis seperti tampilan di Terminal. Tenang saja.

Tidak ada perbedaan tampilan kecuali aplikasi yang terpasang.
Tidak ada perbedaan tampilan kecuali aplikasi yang terpasang.

Saat ini gue sedang asyik memilih aplikasi-aplikasi yang mau dipasang. Baru Firefox, Mousepad, Radiotray, Viewnior dan codec multimedia. Apalagi ya?

2 thoughts on “Xubuntu Core

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s