Posted in Teknologi

Install DNSCrypt tanpa GUI di Windows

Gue menggunakan Unbound di Windows dan DNSCrypt di Linux untuk membuka blokir internet. Nah kemarin internet tidak bisa diakses ketika menggunakan Unbound. Gue menggunakan DNS dari OpenDNS di Unbound. Ketika gue ping, bengong. Walah. Sepertinya tidak mungkin server sebesar OpenDNS tewas. Apalagi tidak muncul beritanya. Kemungkinan Telkom mulai memblokir OpenDNS. Parah!

Mulai kepikiran untuk mengganti Unbound dengan DNSCrypt. Karena sudah terbiasa dengan Linux, dan biar terlihat keren, gue install DNSCrypt melalui command-line.

Pengen bikin tutorialnya tapi blog ini sudah menuliskan dengan lengkap.

Gue baca di Kaskus, banyak yang mengira DNSCrypt tidak bisa dipakai lagi. Tenang saja, masih bisa dipakai kok. Penyebabnya karena mereka menggunakan OpenDNS (padahal tewas/diblok). Masalah selesai ketika OpenDNS diganti DNS yang lain.

Ke laut aja Telkom dan menkominfo!

Leave a Reply

