Posted in Teknologi

Tips Agar Partisi Swap Terdeteksi

Gue suka mencoba berbagai distro Linux. Otomatis tidak perlu melakukan partisi karena sudah tersedia partisi untuk Linux (ext4) dan swap. Biasanya ketika menginstall distro keluarga Ubuntu tinggal format saja partisi Linux. Swap otomatis akan terdeteksi.

Ternyata hal berbeda ketika install Manjaro. Gue melakukan tahapan yang sama dengan ketika install distro Linux lainnya. Sesudah selesai install, ketika gue mengetik free di Terminal tidak ada swap yang aktif. Ini terjadi di dua laptop yang terpasang Manjaro. Jadi bukan kebetulan. Untuk mengaktifkannya harus dimaksukkan partisi swap ke konfigurasi fstab secara manual. Lalu diaktifkan swapnya. Googling saja ya buat cara lengkapnya. Lagi malas. He he he.

Lalu gue coba install ulang dengan Manjaro lagi. Kali ini gue hapus partisi Linux dan swap. Lalu dibuat ulang kedua partisi. Dan dengan cara ini, akhirnya partisi swap langsung terdeteksi dan aktif. Ternyata oh ternyata.😀

Leave a Reply

