Posted in Uncategorized

Arch Linux

Sudah banyak distro Linux yang dicoba. Salah satu yang mengusik adalah besarnya ukuran berkas .iso yang harus diunduh. Besarnya .iso diakibatkan banyaknya jumlah aplikasi yang terpasang. Mending kalau aplikasi-aplikasi ini gue pakai dan suka. Kebanyakan malah sehabis install distro Linux, banyak aplikasi yang gue uninstall dan ada yang gue ganti dengan aplikasi favorit.

Makanya kemudian gue melirik ke Arch. Karena ketika meng-install Linux ini, kondisinya dalam keadaan minimalis. Kayaknya menarik kalau kita sendiri yang memasang aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Meng-install Arch cukup mengerikan. Karena meng-install-nya melalui command line. Terutama dibagian menentukan partisi yang ingin diisi oleh Arch. Takut salah perintah kemudian partisi lain yang berisi data jadi hilang. Untung menemukan installer yang mempermudah menginstall Arch tanpa perlu menggunakan command line yaitu The EvoLution Linux.

Kesimpulan setelah beberapa hari menggunakan Arch:

Proses instalasi Arch melelahkan. Banyak sekali aplikasi standar yang harus dipasang. Gue sekarang lebih memilih menggunakan distro yang sudah terpasang aplikasi-aplikasi (walau kemudian sebagian gue uninstall/ganti) daripada harus meng-install satu persatu aplikasinya. Itu pun ketika meng-install, belum tentu berhasil. Ha ha ha.

Arch sendiri sebenarnya distro yang bagus. Isi repository Arch sepertinya lebih banyak dibanding Ubuntu. Mau install Polly atau DNSCrypt tinggal masukkan perintah di Terminal. Kalau Ubuntu, harus menambahkan PPA ke repository.

Jadi, gue salah ketika mengira mengasyikkan menginstall Linux dalam keadaan minimalis. Mau mencoba Arch? Lebih baik memasang keluarga Arch seperti Manjaro, Antergos atau Netrunner.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s