Posted in Teknologi

Penyebab Sinyal ADSL Tidak Stabil

Biasanya kalau internet tidak stabil, beberapa kali putus, hal pertama yang gue persalahkan adalah providernya. Gue menggunakan ADSL Speedy. Jadi Speedy lah yang menjadi biang keroknya. Sempat kepengen mengadu ke layanan pelanggan tapi sedikit ragu.

Hal yang membuat ragu adalah ketika gue mengecek nada di telepon rumah, suaranya senyap. Tidak ada suara kresek-kresek. Kemungkinan masalah ada di peralatan gue, bukan Speedy.

Gue cek SNR margin, nilainya naik turun. Tapi line attenuationĀ stabil. Biasanya kalau Line Attenuation jelek, ditandai suara kresek-kresek, berarti ada kabel yang jelek Yang gue alami kali ini hanya nilai SNR margin yang naik turun.

Lalu ada telepon masuk. Nilai SNR mulai meningkat tapi tidak drastis. Jangan-jangan daya menuju ke modem ADSL kurang. Iseng gue ganti posisi colokan listrik ke lubang yang lain. Eh ternyata sampai sekarang nilai SNR margin stabil terus dan nilainya seperti biasa.

Nilai SNR dan Line Attenuation.
Nilai SNR dan Line Attenuation.

Baru dua jam modem ADSL menyala. Sejauh ini nilainya tetap seperti di gambar. Mudah-mudahan begini terus. Kalau kondisi begini terus berarti dugaan gue benar. Nilai SNR margin tidak stabil tapi line attenuation normal, patut dicurigai daya listrik ke modem.

Leave a Reply

