Posted in Teknologi

Linux Lite 2.0

Linux Lite

Hari ini sedang pengen mencoba distro Linux yang lain. Cukup susah juga mencari distro Linux yang ukuran ISO sesuai dengan kapasitas flashdisk yang hanya 1 GB. Akhirnya ketemu juga, Linux Lite.

Linux Lite merupakan turunan dari keluarga Ubuntu yang menggunakan XFCE sebagai tampilan desktopnya. Ukuran ISO hanya 700 MB. Dari ukuran ISO yang hanya segitu, gue tidak berharap banyak. Sudah kebayang tampilannya yang standar, harus repot install audio & video codec, flash dan lain-lain. Wong distro lain yang ukuran ISO lebih besar juga harus melakukan hal yang sama, contohnya Xubuntu dan Elementary OS.

Tapi ternyata tampilannya lumayan. Audio & video bisa langsung digunakan karena aplikasi bawaannya adalah VLC Player. WLan laptop pun terdeteksi otomatis. Langsung bisa memainkan video di Youtube karena flash player juga sudah terinstall. Ternyata distro Linux yang ‘mungil’ ini memudahkan banget. Mungkin Linux Mint juga memiliki kemudahan yang sama. Tapi Linux Mint memiliki ISO yang jauh lebih besar.

Tampilan desktop Linux Lite 2.0
Tampilan desktop Linux Lite 2.0

Kelebihan lain, Radio Tray bisa muncul di tray bar. Di Xubuntu tidak bisa muncul icon Radio Tray. Padahal sama-sama menggunakan XFCE.

Sejauh ini belum menemukan yang tidak disuka dari distro Linux ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s