Posted in Uncategorized

Pengalaman Pertama Dengan Cetak Tiket Mandiri (CTM)

Setelah berhasil mendapatkan kode booking, gue langsung menuju ke Gambir untuk mencetak tiket.Takut ada orang yang iseng mencetak tiket gue kalau gue tidak segera mencetak tiketnya.

Sebenarnya di Stasiun Tanah Abang ada loket untuk mencetak tiket. Sayangnya loket sudah tutup setiba di stasiun ini. Tanya ke satpam, loket buka sampai jam 19.00. Sepertinya harus ke Stasiun Gambir deh.

Tampilan mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM)
Tampilan mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM) di Stasiun Gambir

Nah kalau di Stasiun Gambir, mencetak tiket menggunakan mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM). Dengan mesin ini, penumpang yang mencetak sendiri tiketnya. Penggunaannya mudah banget. Tinggal masukkan kode booking lalu nanti muncul informasi si pemesan tiket. Kalau benar, tinggal klik tombol ‘print’.

Mesin CTM yang di Stasiun Gambir lebih canggih dibanding mesin CTM di Stasiun Cirebon. Yang di Gambir menggunakan layar sentuh. Sedangkan di Cirebon menggunakan papan ketik alias keyboard.

Pengalaman pertama pacar dengan mesin CTM di Stasiun Cirebon
Pengalaman pertama pacar dengan mesin CTM di Stasiun Cirebon

Ketika di Stasiun Gambir, ada mesin CTM yang mengalami gangguan jaringan. Gue sempat melirik ketika para teknisi sedang bekerja dan ternyata sistem operasi yang digunakan oleh CTM di Stasiun Gambir adalah Windows 8.

Mesin CTM yang mengalami gangguan.
Mesin CTM yang mengalami gangguan.

Setelah dua kali memesan tiket kereta api dengan metode kode booking ini, gue rasa metode ini cukup aman. Jadi tidak perlu buru-buru untuk mencetak tiket. Mencetak di hari keberangkatan juga tidak apa-apa. Asal sejam sebelumnya sudah hadir di stasiun. Karena mencetak tiket melalui loket bakal ditanya identitas diri beserta kode booking. Dan kalau mau naik kereta api pun penjagaannya ketat harus ada identitas juga. Jadi tidak perlu khawatir.

Senangnya dengan Ramdhan dan Syawal tahun ini. Banyak pengalaman baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s