Posted in Teknologi

Kembali Ke Elementary OS

Sudah sejak lama gue memiliki ISO ElementaryOS (eOS). Sampai kemarin masih menggunakan berkas itu ketika install ulang sistem operasi. Akibatnya tiap install ulang, banyak sekali berkas-berkas yang harus diunduh untuk diperbarui. Dan mungkin ini juga yang mengakibatkan ada error sehingga tidak bisa masuk ke tampilan desktop. Masalah ini yang membuat gue memutuskan mengganti sistem operasi.

Sudah mencoba Ubuntu Gnome 14.04. Melihat tampilan desktop yang beredar di internet membuat pilihan pertama jatuh ke sistem operasi ini. Setelah dicoba, memang bagus tampilannya, tapi ternyata ribet. Diumpamakan kayak cowok/cewek cakep tapi dungu. Lalu mencoba Xubuntu 14.04. Ternyata asik juga. Tampilannya biasa tapi ringan banget. Snappy! Menyenangkan memakainya. Akhirnya memutuskan menggunakan yang ini saja.

Tapi baru saja gue diingatkan oleh komentar salah satu pengunjung disebuah situs yang sedang membahas tentang ElementaryOS. Ada versi unstable ElementaryOS ‘Luna’ di situs Sourceforge. Langsung diunduh, install, update dan tralala! Sekarang sedang ngeblog dengan eOS!

Tampilan desktop eOS versi unstable

Setelah diutak-atik, begini tampilan desktopnya. Cakep. Tinggal mengubah wingpanel-slim menjadi transparan saja. Senangnya. Apalagi Elementary-Tweaks yang biasanya selalu bermasalah, di eOS versi unstable bisa berjalan dengan baik. Yiha!

2 thoughts on “Kembali Ke Elementary OS

  1. misi gan, ane kemaris habis install elementary os
    tapi pas restart terus gak bisa masuk login screen, yang tampil hanya layar hitam sama cursornya doank. kira kira masalahnya apa ya??
    thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s