Posted in Uncategorized

Alasan Gue Tidak Golput

Banyak alasan orang memilih Golput. Mereka mengambil kesimpulan dari para wakil rakyat sebelumnya. Tidak mengherankan mereka memiliki pandangan buruk terhadap wakil rakyat. Gue juga berpikiran yang sama. Lihat saja berita yang isinya wakil rakyat korupsi, bolos, brengsek dan banyak omong. Ini fakta.

Tapi fakta tidak hanya ini. Ada juga wakil-wakil rakyat yang bagus. Walau banyak wakil rakyat yang bolos ketika ada rapat, masih terlihat wakil rakyat yang hadir kok. Tidak banyak, tapi ada yang hadir! Ini salah satu contoh saja untuk memberikan gambaran tidak semua wakil rakyat jelek.  Ketika Golput, sama saja mengklaim SEMUA caleg jelek. Padahal lingkungan yang isinya 100% orang baik dan orang jahat hanya di surga dan neraka. He he he.

Fakta lainnya adalah yang mencalonkan diri menjadi wakil rakyat tidak hanya wakil rakyat tahun sebelumnya tapi ada calon wakil rakyat yang benar-benar baru. Kalau menganggap wakil rakyat tahun sebelumnya jelek, toh ada calon wakil rakyat yang masih segar. Bisa jadi calon wakil rakyat yang baru ini lebih bagus, sama saja atau lebih jelek dari wakil rakyat sebelumnya. Masih ada harapan kok.

Apalagi sekarang pemilih bisa mencari tahu nama dan latar belakang caleg-caleg di daerah pemilihan masing-masing. Kalau tidak kenal, mana bisa sayang. Semua informasi bisa diperoleh di situs KPU http://dct.kpu.go.id. Lebih mudah, tidak capek. Paling hanya tangan kanan yang pegel.

Ini yang terakhir. Kalau tidak menemukan caleg-caleg yang bagus, jangan pilih caleg-caleg yang jelek. Caranya banyak kok. Salah satunya dengan melihat cara mereka berkampanye. Gue sudah mencoret tiga partai; Golkar, Nasdem dan Hanura. Secara partai, mereka sudah melegalkan menggunakan frekuensi publik demi kepentingan diri sendiri dengan berkampanye melalui stasiun televisi milik mereka (RCTI, Global TV, ANTV, TVOne, Metro TV). Parah ini mah. Bukan calegnya lagi yang gue coret tapi partainya!

Selain nyoblos, biasanya gue juga meliput kegiatan kampanye. Seru lho! Rencananya Pemilu kali ini pengen memantau kegiatan perhitungan suara di TPS tempat gue nyoblos.

Update: dapat info dari linimasa, Tempo akan membuat daftar caleg baru yang layak untuk di coblos dan (kayaknya) ICW membuat daftar caleg busuk. Informasi banyak, tidak ada alasan untuk Golput.

2 thoughts on “Alasan Gue Tidak Golput

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s