Posted in Uncategorized

Tabulasi Nasional 2009

Menjelang Pemilu 2014, gue jadi pengen membuka lagi arsip hunting foto Pemilu 2009. Salah satunya ketika berkunjung ke Pusat Tabulasi Nasional di Hotel Borobudur.

Dua kali gue kesana. Hari pertama hanya melihat dari luar ruangan. Penjagaan ketat. Takutnya hanya orang-orang partai. Akhirnya pulang dengan tangan hampa. Tapi ketika di rumah menonton liputan, ternyata warga biasa boleh berkunjung, bahkan anak kecil bisa masuk. Besoknya jadi semangat untuk berkunjung kesana lagi.

Pusat Tabulasi Nasional itu semacam ruangan untuk memantau hasil perhitungan suara sekaligus tempat untuk berdiskusi.

Tabulasi Nasional-1 Tabulasi Nasional-2 Tabulasi Nasional-3Sangat aneh KPU waktu itu menyediakan tempat seperti ini. Perhitungan suara secara real time kan bisa diakses melalui internet. Artinya dari mana pun, selama tersambung ke internet, perhitungan suara bisa dipantau. Tidak perlu harus menyediakan puluhan komputer untuk hal ini. Hal yang sama dengan ruangan untuk diskusi. Tidak perlu sampai menyewa tempat di Hotel, kantor KPU bisa digunakan. Banyak uang yang bisa dihemat andai Pusat Tabulasi Suara seperti ini ditiadakan.

Pemilu 2014 seperti apa ya? Tetap akan ada perhitungan suara secara online? Pusat Tabulasi Suara di hotel atau kantor KPU?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s