Posted in Uncategorized

Bayar Pajak Kendaraan Lancar

Gue selalu ditugaskan membayar pajak kendaraan bermotor milik ortu. Ketika membayar pajak kendaraan tahun sebelumnya, oleh petugas pajak, e-KTP (KTP seumur hidup) dan pembayaran pajak yang diwakili dipermasalahkan oleh petugas pajak. Katanya harus membayar Rp25.000 supaya dapat di ACC. Entah apa itu artinya. Tapi pada waktu itu gue mempertanyakan peraturan aneh tersebut, dia tidak bisa menjawab. Bahkan malah bertanya ke teman-teman disebelahnya. Akhirnya gue tidak diharuskan membayar uang tersebut.

Dari pengalaman diatas, sejak semalam gue sudah mempersiapkan argumen dan berkas-berkas andai petugas pajak berani macam-macam sama gue. Bahkan camcorder mini pun sudah siap untuk merekam bukti pembicaraan.

Tadi gue membayar pajak di gerai SAMSAT yang berada di Bank BJB diseberang Bintaro Plasa. Pertama masuk, lihat ke area petugas, tidak terlihat petugas pajak yang melayani gue tahun sebelumnya. Eh ternyata pas mau membayar, dia nongol. Yup, gue masih ingat wajahnya. Dan sepertinya dia masih ingat gue. Kali ini dia tidak macam-macam. Dia menyerahkan berkas yang baru dan menyebut nominal yang harus dibayarkan. Lalu katanya kalau menggunakan e-KTP, lain kali disuruh membawa Kartu Keluarga yang asli. Untuk yang sekarang, gue diberi keringanan untuk tidak membawa Kartu Keluarga. Nah ini baru pelayanan yang benar!

Jadi yang harus dibawa ketika bayar pajak kendaraan bermotor tapi diwakilkan (masih hubungan keluarga) dengan menggunakan e-KTP:

  • KTP asli (pemilik kendaraan) + 1 fotokopi
  • BPKB asli + 1 fotokopi
  • STNK asli + 1 fotokopi
  • Kartu Keluarga asli

Pelayanan pembayaran pajak kendaraan sebenarnya sudah bagus. Cepat sekali. Dari masuk sampai keluar ruangan paling lama sekitar 15 menit saja. Tapi ya kadang ada petugas yang suka mencari perkara. Gue sudah bertekad, kalau tidak bersalah, kenapa harus takut. Makanya kalau ada petugas yang coba macam-macam, gue cecar dengan pertanyaan saja. Yakin deh dia bakal kesulitan menjawab dan jawaban andalan ‘itu sudah peraturannya’.

One thought on “Bayar Pajak Kendaraan Lancar

Leave a Reply

