Posted in Teknologi

Firefox Versi Ramping

Dalam hal komputer, gue lebih menyukai komputer yang hemat energi walau berakibat performanya tidak luar biasa. Akibat menggunakan komputer yang biasa, aplikasi yang digunakan tidak bisa yang menguras tenaga komputer. Makanya gue suka dengan aplikasi yang ringan dan ukuran berkasnya tidak besar.

Light, versi ramping browser berbasis Firefox
Light, versi ramping browser berbasis Firefox

Langsung menarik perhatian gue ketika membaca ada sebuah browser turunan Firefox yang membuang fitur-fitur sehingga mempunyai ukuran berkas yang lebih kecil bernama Light. Ketika gue unduh, ukuran berkas Light hanya 14 MB berbanding 22 MB untuk berkas Firefox.

Selain membuang sebagian fitur-fitur, tampilannya sedikit dirubah. Yang paling terlihat adalah desain tabs yang mirip Chrome. Letak tombol bookmark (berbentuk bintang) juga dipindah. Tombol menu juga tidak lagi dipojok kiri atas. Suka dengan desain yang ini.

Mengenai performa tidak berbeda dengan Firefox. Penggunaan memori mungkin lebih ringan berdasarkan berkas yang lebih kecil.

Browser ini sekarang menjadi browser default di komputer yang gue pakai. Buat yang ingin mencoba bisa berkunjung kesini.

Leave a Reply

