Posted in Uncategorized

Hari Pertama THB

Untuk pertama kalinya mencicipi Tiket Harian Berjaminan (THB). Dihari pertama pula. Penasaran soalnya. Sempat diundur beberapa jam. Tapi akhirnya jadi terlaksana sekitar jam 10 pagi.

Tidak ada kendala walau ini pertama kalinya menggunakan THB. Karena tidak berbeda banyak dengan tiket harian yang biasa. Bedanya: harus mengeluarkan uang tambahan Rp5000 sebagai jaminan, ketika keluar sekarang menggunakan tap-out (biasanya dimasukkan ke mesin) dan mengambil uang jaminan kalau tiket tidak digunakan lagi.

Mungkin karena gue sudah tahu dari sosialisasi yang dilakukan melalui Twitter. Tapi yang tidak tahu pun bakal dapat informasi dari petugas-petugas yang khusus menjelaskan tentang THB diberbagai stasiun.

Petugas yang menjelaskan tentang Tiket Harian Berjaminan (THB)
Petugas yang menjelaskan tentang Tiket Harian Berjaminan (THB)

Tiket yang digunakan masih baru tapi terlalu polos. Dominan warna putih. Sedikit tambahan warna seharusnya bakal terlihat lebih oke.

Tampak depan
Tampak depan
Tampak belakang
Tampak belakang

Banyak yang mengeluh dengan keribetan ini dan menyalahkan PT. KAI Commuter Jakarta (KCJ). Menurut gue sih yang salah para penumpang yang tidak mengembalikan tiket. Padahal harga tiket sudah murah banget tapi kok masih ada saja yang berbuat hal-hal yang merugikan. Tidak habis pikir. Aneh.

Beberapa hari yang lalu menonton acara bincang-bincang yang melibatkan humas PT KCJ. Baru sadar kalau ternyata masa pengembalian jaminan otomatis diperpanjang ketika membeli tiket. Karena masa pengembalian jaminan yang 7 hari itu, dihitung berdasarkan pembelian terakhir.

Sebagai contoh: gue membeli tiket hari senin. Berarti kan masa pengembalian uang jaminan 7 hari yang artinya senin depan. Tapi kalau membeli tiket lagi selasa, masa pengembaliannya menjadi selasa. Kalau rutin menggunakan THB, kayaknya tidak perlu sering ke loket untuk refund.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s