Posted in Uncategorized

Kode Harga Tiket Kereta Api

Harga Tiket Kereta ApiGue baru tahu kalau sekarang PT KAI membedakan harga tiket kereta api berdasarkan lokasi tempat duduk didalam gerbong kereta. Lokasi tempat duduk yang paling mahal berada ditengah. Karena posisi tersebut lebih sunyi sehingga nyaman. Semakin mendekati bordes (sambungan gerbong) semakin murah.

Perbedaan harga atau lokasi tempat duduk bisa dilihat dari kode abjad yang diberi tanda ‘kurung’. Sayangnya keterangannya tidak lengkap dicantumkan di situs PT KAI. Awalnya gue sempat kebingungan sebelum akhirnya akun Twitter PT KAI @keretaapikita menjawab kebingungan gue.

Tidak semua menerapkan zona tempat duduk yang sama. Ada kereta yang menggunakan 3 zona tempat duduk, yang berarti ada 3 harga yang berbeda. Ada yang hanya satu dan ada juga yang 4 zona.

Gue sudah lama tidak naik kereta jarak jauh. Jadi belum pernah merasakan sistem tiket seperti ini. Tapi sepertinya, andai pengen mendapatkan tempat duduk yang murah, pembelian tiket harus memesan. Kalau membeli tiket dihari keberangkatan bisa jadi mendapatkan tempat duduk yang mahal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s