Posted in Teknologi

Info Layanan Publik

Gue sering kali bingung dengan prosedur dan biaya untuk menggunakan layanan publik. Salah satunya biaya memperpanjang SIM. Oktober tahun lalu gue memperpanjang SIM A di gerai SIM & STNK di mall Gandaria City. Gue tahu prosedur tapi tidak tahu biayanya. Tidak menemukan info biaya disitus Polri. Bahkan sesampai di gerai SIM & STNK, tidak dicantumkan biaya perpanjangan SIM. Baru tahu biaya perpanjangan SIM setelah difoto, langsung ditagih RP150.000, tanpa diberi kuitansi. Berhubung gue tidak tahu biaya yang sebenernya, gue ‘iya’-in saja.

Sekarang ada situs SATULAYANAN.NET. Isinya info sekitar layanan publik. Seperti prosedur dan biaya penggunaan layanan publik. Situs ini keren. Infonya berguna banget. Mau tahu biaya penghulu? Mau tahu prosedur membuat akte kelahiran? Semua ada disini. Tampilannya pun bagus. Lalu iseng gue mencari info tentang perpanjangan SIM. Dan ternyata, biaya perpanjangan SIM A hanya Rp80.000! Ah, coba dari dulu sudah ada situs ini.

satulayanan

Tidak hanya itu lho. Kalau kalian ngeklik salah satu layanan publik, ketika di-scroll kebawah, dibagian akhir ada logo “lapor!”. Jadi kalau kalian merasa ada yang tidak beres dengan layanan publik, bisa ngeklik logo itu. Dari logo itu akan tersambung ke situs lapor.ukp.go.id. Top!

Gue jadi kepikiran untuk mengadukan tentang kejadian sewaktu memperpanjang SIM di gerai SIM & STNK di mall Gandaria City tahun lalu.

Leave a Reply

