Posted in Uncategorized

Penghapusan KRL Ekonomi

Kalau KRL Ekonomi dihapuskan, berarti harus naik KRL Commuterline. Dari bayar karcis Rp1500 menjadi Rp8000. Berapa persen tuh kenaikannya. Wow!

Memang terlalu murah sih menurut gue harga tiket KRL Ekonomi. Gue tidak ada masalah andai tiketnya dinaikkan sampai Rp3000 sekalipun. Atau turunin lah harga tiket KRL Commuterline menjadi Rp5000-Rp6000. Tapi kalau harus beralih ke KRL Commuterline dengan harga tiket seperti sekarang… super duper berat.

Kayaknya PT KAI Commuter Jabodetabek menggunakan berbagai strategi untuk meningkatkan pendapatannya. Mulai dari menghapus KRL AC Ekspress tetapi semua harga tiket KRL AC Biasa naik, disamakan dengan harga tiket KRL Ekspress. Lalu memotong/memperpendek jalur perjalanan KRL sehingga penumpang harus membayar tiket lebih dari sekali untuk menyambung perjalanan kereta. Lalu sekarang menghapus KRL Ekonomi.

Gue tadi mendengar salah satu penyiar televisi menyebutkan rencana penghapusan KRL Ekonomi diundur sampai bulan Juni. Benar atau gosip? Entahlah. Andai benar, gue tidak terhibur sama sekali. Dan semakin tidak terhibur ketika membaca headline berita-berita online, tidak ada pejabat-pejabat pemerintah yang menentang penghapusan KRL Ekonomi.

Gue lebih memilih KRL Ekonomi karena lebih murah dan lebih nyaman dibanding KRL Commuterline. Betul lebih nyaman! Karena KRL Ekonomi antara penuh dan kosong tidak terlalu beda. Sedangkan KRL Commuterline hanya terasa nyaman ketika kosong. Kalau di jam sibuk, berada didalam KRL Commuterline seperti di neraka. Lebih panas daripada KRL Ekonomi. Bahkan jendela sampai harus dibuka. Tidak beda kan dengan KRL Ekonomi. Yang membedakan hanya harga tiketnya.

Mudah-mudahan Eyang Subur bisa mendengarkan keinginan para penumpang KRL Ekonomi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s