Posted in Teknologi

Transparent DNS Proxies

Menurut gue gambar diatas menjelaskan secara mudah teknik pemblokiran yang dilakukan oleh Speedy. Mereka menggunakan Transparent DNS Proxy. Makanya, apapun DNS server yang kita gunakan, kalau dicek dengan menggunakan aplikasi online di dnsleaktest[dot]com, yang terdeteksi adalah DNS Telkom.

Anehnya, ketika semua pelanggan Speedy dipaksa menggunakan DNS Telkom, mereka tidak menyediakan DNS yang handal. Terbukti DNS server mereka keok berulang kali yang mengakibatkan pelanggan tidak bisa mengakses sebagian besar situs.

Untuk mengakalinya bisa dengan menggunakan proxy atau VPN. Gue tidak suka menggunakan proxy karena Adblock Plus akan menjadi tidak berguna membasmi iklan-iklan. Pilihan jatuh ke VPN. VPN sendiri ada beberapa macam seperti; PPTP, IPsec dan OpenVPN. Yang gue pakai adalah PPTP. Kemudahan yang menjadi alasan utama.

Tinggal googling untuk mengetahui situs-situs penyedia VPN/PPTP gratis. Lumayan banyak kok. Sedikit saran, cari penyedia VPN yang menyediakan server VPN yang berupa nomor IP dibanding berupa url.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s