Posted in Uncategorized

DVB-T Atau DVB-T2?

Image

Ini alat penerima siaran digital DVB-T yang gue beli lebih dari setahun yang lalu. Siaran yang diterima pada waktu itu dari TVRI (TVRI1, TVRI2, TVRI3, TVRI4) dan MNC grup (RCTI, MNCTV, GlobalTV).

Setelah itu siaran digital MNC grup menghilang. Dan sampai sekarang hanya TVRI yang bisa ditonton. Sempat curiga para pemilik stasiun televisi tidak serius beralih dari siaran analog ke siaran digital.

Kecurigaan tadi menghilang setelah membaca berita yang isinya Metro TV sudah memulai siaran digital. Tapi kok tidak tertangkap sinyalnya oleh perangkat penerima siaran digital punya gue?

Baru saja gue tahu dari forumsatelit.com kalau ternyata beberapa stasiun televisi swasta menggunakan teknologi siaran digital terbaru yaitu DVB-T2. Sedangkan TVRI masih menggunakan DVB-T. Pantas saja!

Gue tidak tahu pemerintah bakal menggunakan teknologi yang mana. Kalau dilihat dari banyaknya stasiun televisi yang menggunakn DVB-T2, mungkin teknologi ini yang bakal dipakai.

Apapun teknologi yang dipilih, seharusnya pemerintah tegas. Biar orang kayak gue tidak dirugikan. Sudah membeli perangkat DVB-T, tahu-tahu nanti ternyata yang dipakai DVB-T2.

Leave a Reply

