Posted in Teknologi

Jaunty Jackalope

Jaunty Jackalope, itu adalah nama buat versi terbaru dari Ubuntu.

Sekitar sebulan yang lalu, gue memesan CD Ubuntu Jaunty Jackalope. Kayaknya, nggak sampai sebulan CD-nya sudah sampai ke rumah gue. Cepat juga jika dibandingkan pengiriman CD-CD sebelumnya.

Gue memesan CD Ubuntu dan Kubuntu masing-masing satu buah.

Sehari setelah menerima CD tersebut, langsung saja gue install karena sudah nggak sabar. Sampai-sampai gue lupa buat nonton acara favorit Indonesia This Morning (ITM).

Proses install-nya gue rasa sangat cepat. Lebih cepat dibandingkan Windows XP. Apalagi gue nggak perlu install berbagai macam driver yang lumayan merepotkan. Karena semua komponen (kayaknya) terdeteksi dengan baik oleh Ubuntu ini.

Setelah beberapa jam gue mengutak-atik berbagai fasilitas di Ubuntu. Sepertinya gue bener-bener cinta dengan OS ini. Sebelumnya gue pernah menginstall versi terdahulu dari Ubuntu. Tapi banyak hal yang membuat gue rada males menggunakannya. Seperti suaranya yang nggak terdeteksi, internetnya yang nggak jalan dan masih banyak lagi.

Tapi kalo Ubuntu yang terbaru ini, semuanya berjalan dengan baik. Apalagi modemnya sudah terdeteksi. Sehingga sekarang gue nggak perlu lagi membeli DVD Repo. Tinggal ketik saja software yang diinginkan, software akan didownload dan otomatis diinstall.

Pokoke top banget. Jadi berpikiran untuk menggunakan single OS saja. Sampai saat ini gue masih menggunakan dual OS (Ubuntu dan Windows XP). Menarik juga. hehe.

Walaupun begitu, gue kudu mencoba-coba dulu Ubuntu ini. Untuk meyakinkan gue bahwa nggak ada masalah jika nanti hanya menggunakan 1 buah OS.

Leave a Reply

