Posted in Curhat

Ospek, Kebiasaan Bodoh

Barusan baca berita di detikcom

Mahasiswa ITB Tewas Saat Ikuti Ospek

Mahasiswa Institut Teknologi Bandung Dwi Yanto (22) tewas saat mengikuti kegiatan Ospek mahasiswa baru pada Minggu (8/2/2009). Belum diketahui secara pasti penyebab tewasnya mahasiswa asal Bekasi tersebut.

Kapolwil Priangan Kombes Pol Anton Charlian melalui pesan singkatnya kepada detikbandung mengatakan korban meninggal di Gunung Batu Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang. “Korban meninggal saat sedang latihan giat Ospek mahasiswa baru ITB,” ujar Kapolwil melalui SMS-nya, Senin pagi (9/2/2009).

Selengkapnya…

Walaupun belum ketahuan penyebab meninggalnya mahasiswa tersebut dan juga walaupun nggak ada yang meninggal pun, gue nggak setuju dengan yang namanya Ospek. Ospek itu kebiasaan bodoh yang menurut gue hanya sebagai ajang untuk melecehkan orang lain dan memenuhi nafsu orang untuk dihormati oleh orang lain.

Gue sendiri sudah mengalami 2 kali Ospek, yaitu ketika SMU (di Al Azhar) dan kuliah (di Unpad). Memang di ospek itu ada kegiatan-kegiatan yang oke seperti dulu ketika ospek di Unpad ada simulasi bermain saham atau simulasi melakukan demo.

Tapi porsinya sangat kecil. Kebanyakan itu dibentak-bentak trus disuruh melakukan hal-hal yang aneh-aneh. Push up atau squat jump pasti didapat. Apalagi kalau ospeknya diluar kampus. Selain melakukan 2 hal tadi, ditambah kudu dilakukan sambil buka baju. Dan disana NGGAK ADA kegiatan yang bermanfaat. Yang parahnya lagi, gue harus mengeluakan uang untuk kegiatan tersebut!

Makanya setelah mengalami semua itu, walaupun gue nilai ospek di Unpad nggak separah di ITB, gue nggak pernah tertarik ikut jadi panitia ospek. Gue sudah pernah merasakan nggak enaknya diperlakukan seperti itu, makanya gue nggak mau melakukan hal serupa ke orang lain.

Lagian, ketika nonton film-film remaja Hollywood, yang melakukan hal-hal yang kayak gini ketika kuliah adalah klub-klub orang-orang bodoh yang suka pesta. Dan pastinya gue nggak mau disamakan dengan mereka.

Yang pasti gue nggak suka ospek, gue nggak suka bullying dan gue bukan tipe orang yang nafsu untuk minta dihormati oleh orang!

One thought on “Ospek, Kebiasaan Bodoh

  1. ATAS NAMA PENDIDIKAN

    Putih kapas dapat dilihat, putih hati berkeadaan. Demikianlah keadaanku kini, terbujur kaku di pusaran pembaringan dengan taburan do’a di atasnya. Ya.. memang… aku telah mati!! aku harap… Janganlah engkau terkejut karenanya… aku adalah mayat korban kekerasan atas nama pendidikan.

    Tahun 2008… aku putuskan untuk memulai perjalanan panjangku. Teknik Geodesi ITB menjadi pijakan utamaku. ITB.. salah satu Universitas besar… Impianku, ku mulai dari sana.

    Berjuta harapan dan terpaung jelas di kampus itu, menjadi orang besar di Indonesia… Menjadi orang berguna. Tujuanku satu, dapat mengarungi maghligai bahagia di masa mendatang.

    Setelah beberapa lama…

    Rencana tinggalah rencana. Semua sia-sia belaka… Kala ku tahu kekerasan menjadi legalitas disana. Dengan sangat terpaksa, satu persatu mimpi indahku terpaksa ku tanggalkan. Mimpiku membuatku terluka. Mimpiku membuat aku menderita. Aku kecewa… kecewa… sungguh kecewa…

    Di ITB, aku hanyalah sansak hidup yang berada dalam arena tinju pendidikan Universitas. Mereka bebas menamparku, meraka bebas menginjakku, mereka bebas memukulku, mereka meludahiku… mereka bebas melakukan kekerasan… semua demi nama pendidikan…

    Feb 2009… dengan berat hati, aku mengakhiri perjalananku. Ku tutup mataku… Ku hembuskan nafas terakhirku… Karena pendidikan mengajarkan kekarasan.

    sumber:http://www.asyiknyaduniakita.blogspot.com/

Leave a Reply

