Posted in Ragam

Memajukan Jam Sekolah

Sekolah
Sekolah

Gue baca di situs berita DETIK, dikatakan bahwa hari ini mulai diberlakukan pemajuan jadwal masuk sekolah menjadi jam 06.30. Dan diberitakan oleh pihak DETIK, tampaknya nggak/belum terlihat perubahan kondisi lalu lintas di Jakarta alias MASIH MACET.

Sejauh ini sih tebakan gue nggak salah. Kayaknya nggak mungkin mengatasi kemacetan dengan cara ini. Walaupun memang belum bisa diambil kesimpulan kebijakan ini gagal soalnya masih hari pertama diberlakukannya peraturan ini. Kenapa gue tebak kebijakan ini nggak berhasil? Karena Pemda mengharapkan, dengan memajukan jam masuk sekolah, bisa membuat anak-anak sekolah berangkat lebih pagi sehingga tidak berbarengan dengan orang yang berangkat ke kantor.

Tapi yang menjadi masalah adalah anak-anak sekolah ini memang sudah diharuskan berangkat lebih pagi kalau tidak mau terkena macet dan terlambat. Contohnya gue, dulu sewaktu jam masuk sekolah masih jam 07.00, gue harus berangkat jam 05.00! Begitu pula dengan bokap gue. Jadi nggak bisa datang dipas-pasin mendekati jam 07.00. Hanya ada 2 pilihan,  telat atau kepagian. Biasanya gue sampai sekolah jam 06.00 pagi. Dan biasanya juga gue langsung tidur atau ngerjain PR. hehe. Jadi intinya, nggak akan memberikan efek soalnya anak sekolah nggak akan merubah jadwal keberangkatan mereka.

Sebenarnya bukan kebijakannya yang pengen gue protes. Yang gue nggak suka dan bikin miris adalah alasan kebijakan tersebut. Alasan diberlakukannya kebijakan pemajuan jadwal masuk sekolah adalah untuk mengatasi kemacetan di Jakarta itu yang bikin miris. Kok bisa-bisanya mereka mempertaruhkan masa depan anak-anak yang juga merupakan masa depan bangsa ditukar untuk mengatasi kemacetan. Beda halnya kalau dari awal alasan utama mereka memajukan jam masuk sekolah adalah untuk mempermudah pelajar menyerap pelajaran karena di pagi hari otak masih segar. Kalau alasannya ini, dan sudah dikaji secara ilmiah, gue setuju-setuju saja.

Mungkin dipilih pelajar yang dimajukan jam masuknya karena kalau yang dimajukan pegawai Pemda kayaknya sama saja bohong. Ya kita tahu lah gimana performa mereka. Jadwal masuk yang sekarang saja mereka masih suka telat apalagi kalau jam masuknya dimajukan. he he he.

Tapi ya sutralah. Mari kita lihat kebijakan Pemda ini. Benar-benar bisa mengurangi kemacetan atau tidak.

Leave a Reply

