Posted in Teknologi

NexusFile

NexusFile
NexusFile

Harddisk gue kan beberapa hari yang lalu error. Dan solusi yang gue lakukan adalah dengan menghapus partisi dan kemudian membuat partisi yang baru. Otomatis apa yang gue lakukan ini akan menghapus seluruh data yang ada di harddisk. Jadi sebelumnya gue harus nge-backup dulu data-datanya.

Nah ini dia salah satu yang bikin males. Soalnya data gue itu banyak banget dan nggak karuan. Jadi sebelum di backup dan di burn ke DVD, harus dipisahin dulu antara gambar, lagu, ebook, film dan lain-lain. Nah kalo ngerapiin dengan menggunakan Windows Explorer bakalan lama banget. Dan pasti bakalan bolak balik ke berbagai folder. Ah dah kebayang repotnya…

Akhirnya gue browsing dan menemukan file manager yang oks banget, NexusFile. Kemampuannya bisa nyaingin Magellan Explorer, file manager yang gue suka tapi sayang nggak freeware. Sebenernya ada banyak file manager tapi secara penampilan dan kemampuan, nggak sebagus NexusFile.

Kelebihan-kelebihan yang menurut yang kepake sama gue banget adalah:

  • Dua buah panel. Jadi gampang banget buat membandingkan antar folder dan mindahin file
  • Tab. Ini nih yang T.O.P banget. Kayaknya belum ada file manager yang punya fasilitas ini. Asik banget kalo mau ngerapiin file-file yang ada di harddisk.
  • ZIP. Fasilitas standar sih. Tapi gue suka banget meng-compress pakai fasilitas ini. CEPET BANGET!
  • Shortcut. Tinggal sekali klik, langsung eksekusi. Senyaman Magellan Explorer.
  • Penampilannya okeh! Nggak nyangka, nyaman juga kerja dengan latar belakang yang hitam. Trus untuk membedakan jenis file, dikasih aneka macam warna.
  • Save file/folder list. Gue baru tahu ada fasilitas ini. Soalnya barusan nyoba-nyoba. Oke juga. Sebelumnya gue make software tersendiri tapi sama NexusFile sudah jadi fasilitas standar. Dua jempol!

Hmm… segitu aja. Sebenernya masih ada lagi tapi mending dicoba sendiri aja.

Leave a Reply

