Posted in Teknologi

Harddisk Gue Error

Kesel
Kesel

Arrggg!!! Kesel banget. Tadi nyalain komputer langsung disuguhi blue screen. Usut punya usut kayaknya yang menjadi penyebabnya adalah harddisk gue. Pesen error yang gue inget berhubungan dengan ntfs.sys. Sudah beberapa cara gue coba buat benerin tapi sejauh ini masih belum bisa dibenerin. Berikut langkah-langkah yang sudah gue coba:

Format pakai CD Windows XP

Langsung “format” yang terlintas dikepala gue. Biasanya apapun masalahnya, kalo dah berhubungan dengan “format” biasanya sukses selesai permasalahannya. Tapi ternyata tadi nggak berhasil. Belum sampai ke pilihan format ketika ngejalanin CD Windows XP tersebut, sudah muncul blue screen lagi.

Ganti ntfs.sys lama dengan yang ada di CD Windows XP

Gue tadi juga sudah berkunjung ke situs Mikocok. Dan salah satu pemecahannya adalah dengan mengganti file ntfs.sys lama dengan ntfs.sys yang ada di CD Windows XP. Dan hasilnya tetep sama. Wong belum sampai pilihan buat “repair” aja sudah muncul blue scree. SIAL!

Format pakai CD Ubuntu

Kebetulan punya CD Ubuntu yang bisa dijalanin secara live. Akhirnya gue coba nge-format pake CD tersebut. Dan ternyata berhasil diformat. Tapi pas gue coba jalanin CD Windows lagi, blue screen masih muncul. SIAL! SIAL!

Untungnya drive C, D dan E masih terbaca dengan baik. Dan file-nya pun masih bisa di copy ke flashdisk. Tapi masalahnya, seandainya gue mindahin ke flashdisk, bakalan lama banget. File di harddisk itu isinya banyak banget. Sampai ber-giga-giga.

Pasang di kompi lain

O iya, kepikiran buat dipasang di komputer lain (sebagai slave), sapa tahu bisa diformat. Tapi ternyata nggak bisa juga. Malah komputer tersebut jadi muncul blue screen gara-gara dipasang harddisk yang rusak.

Uh, sebel banget! Kayaknya cara pamungkas adalah dengan ngeformat secara Low Level Format (LLF). Tapi kalo pakai cara itu, gue harus mindahin seluruh data yang berjumlah giga-gigaan itu ke flashdisk (1 GB). Dan dari Flashdisk ke laptop gue. *langsung kebayang capeknya* huhuhu.

Ada yang punya ide?

10 thoughts on “Harddisk Gue Error

  1. Yah lama kalo pake flashdisk, ini ada solusi:
    1. pake ubuntu utk starup, lalu pindahkan data ke hardisk usb (apa ya istilahnya?), kan jauh lbh kenceng.
    2. Ato saat star pake ubuntu, pasangin hardisk lain sbg slave
    3. Ato saat star pake ubuntu, bakar ke dvd (ga bs dilakukan klo lo ga punya uang tuk beli dvd kosong kaya bintang iklan kemaren, hehe…)
    4. Bayar org tuk pindahin semua data.
    5. Cara TERAMPUH !!
    Legowo, ikhlas dan rela data hilang.
    :kabur:

  2. O iya! Bener juga dit. Kayaknya harddisknya gue masukin ke casing usb portable gue aja. Tapi berarti file systemnya kudu gue rubah ke fat32. Sekarang gue pake yang ntfs. Gak apa2 lah, kayaknya lebih cepet pake cara pertama. Thanx😀

    2. Kalo yang cara itu dah gue coba juga, tapi malah bikin gak bisa booting. Aneh juga.
    3. [timpuk]
    4. males ah. ntar video gue dengan Sandra Dewi bocor ke internet.😛
    5. [timpuk]

  3. lapor kapten!!
    Gue pake cara format HDD pake Linux berhasil!!
    Tapi gue gak Format pake NTFS lagi melainkan pake FAT32 lalu inslall deh
    pake NTFS lagi dan wow!! succes man ! tapi ingat pake Linux yang ada
    program utility partisi HDD-nya Contoh : gue pake linux Elive dan disitu
    ada utility GPARTED..
    Oke Bro mudah-mudahan bisa bantu dan jangan lupa main doain gue biar
    masuk surga dan lancar rezeki. AMIN…………………

  4. Kalo GParted, di Ubuntu juga ada. Dan gue juga dah coba. Tapi masih tetep gagal.

    Sekarang sih dah bener harddisknya. Caranya dengan menggunakan software dari WD yang gue download di situsnya.

    Btw thanx. Dan tetep gue doain supaya masuk surga.🙂

  5. Woi… ada yang tau nggak tentang masalah Flashdisk nggak…? Flashdisk ku nggak mau konek ke komputer… udah coba beberapa cara tapi gagal seperti di test ke komputer lain, emang pertama udah ada tanda-tanda kalau FD bakalan rusak, kalau di cek pake CHKDSK muncul pesan error sebelum pengecekan selesai, scan virus juga gitu belum selesai udah failur anti virusnya….

    gejalanya..
    lampu blink
    keluar pesan “USB device unused.”

  6. Mungkin memang rusak bro. Kecuali kalau ada data2 penting didalamnya, kayaknya nggak perlu bete. Soalnya harga Flashdisk sudah sangat terjangkau.

    Langkah terakhir bisa dicoba dengan memformat?😀

  7. permisi permisi.. saya mo tanya nih. laptop saya juga ngalamin hal yang sama. muncul bluescreen gt. saya coba install ulang pake CD WINDOWS XP ga bisa. saya repair juga ga bisa. bawaannya balik ke bluescreennya itu. di bluescreennya muncul tulisan

    STOP: 0x00000024 (0x001902FE, 0xF79026DC, 0xF79023D2, 0x7062F81)
    ntsf.sys – Address F70C2F81 base at F7073000, Datestamp 41107eea

    nah ini apa sama dgn masalah di atas?
    kalo iya. itu kalo pake ubuntunya gimana ya caranya?
    saya ga seberapa tau kalo pake ubuntu. soalnya ni punya ubuntu juga dari hasil iseng2 freeship dr sana. apa pake ubuntu itu bs?
    saya pengen bs benerin laptop saya sendiri. ga pengen ngerepotin orangtua minta di servisin melulu. huhuhu.
    makasih yaa sebelumnya buat perhatiannya🙂
    ditunggu balasannya😦

  8. Kalau code diatas sih saya juga nggak ngerti. Hihihi.. maap.

    Pertama-tama, coba diformat (full format) dulu harddisknya dengan menggunakan CD Windowsnya. Jangan lupa dibackup data2 pentingnya.

    Kalau ternyata formatnya lancar, berarti nggak ada masalah dengan harddisknya. Tetapi seandainya ada error, berarti harddisknya ada badsector. Coba perhatikan ada di persentase berapa harddisknya nge-hang.

    Nanti bisa ketahuan letak badsector tersebut. Jadi nanti bisa badsector tersebut dibuat supaya windows nggak mengaksesnya dengan mempartisi badsectornya.

    Duh, mudah2an ngerti ya… soalnya gue nggak terlalu jago dalam menjelaskan sesuatu. hihi.

Leave a Reply

