Posted in Ekonomi

Kalkulator Untuk Menghitung Keuangan

Quantum Magna Financial
Quantum Magna Financial

Sejak baca artikel-artikel Finance di blognya Priyadi, sedikit-sedikit gue jadi tertarik dan mengerti tentang mengatur keuangan gue. Apalagi sejak di televisi lokal, Jakarta, O Channel ada acara yang namanya Perfect Number dengan narasumber Adil Akbar.

O iya, baru inget, gue pernah nemuin kalkulator buat menghitung keuangan pribadi. Jadi nanti bisa ketahuan, keuangan elo sehat atau nggak. Trus ada juga buat menghitung Uang Pertanggungan (UP) pada asuransi dan lain-lain. Btw, kalkulator ini gue ambil dari situs perusahaannya mbak Ligwina Hananto (financial consultant), Quantum Magna Financial. Berikut ini kalkulatornya:

Quick Check-Up

Quick Check-Up ini akan menunjukkan sesehat apakah kondisi arus kas Elo setiap bulan. Kolom Beginner menunjukkan ratio yang sering terjadi pada investor pemula. Kolom Advanced menunjukkan ratio yang sering terjadi pada investor yang lebih berpengalaman.

Klik MULAI MENGHITUNG

Asuransi

Kalo kalkulator ini, berguna untuk menentukan besaran Uang Pertanggungan (UP) jika Elo meninggal dunia. Jadi nggak sembarangan ngambil UP yang besar atau kecil. Karena UP yang besar otomatis akan membuat premi yang dibayar juga besar sedangkan UP kecil, walaupun preminya kecil tetapi tidak cukup bagi orang yang ditinggalkan.

Klik MULAI MENGHITUNG

Dana Darurat

Dana darurat itu penting! Ketika sudah mempunyai penghasilan, inilah hal pertama yang harus dipunyai. Jangan mulai investasi dulu sebelum punya dana darurat. Dan besarannya tergantung kondisi elo. Jadi besaran tiap orang berbeda-beda.

Klik MULAI MENGHITUNG

Dana Pendidikan

Kalkulator ini berguna banget untuk menghitung berapa besar sih dana yang harus disiapkan untuk biaya sekolah anak nanti. Jangan sampai nanti terkaget-kaget dengan biaya yang tiap tahun akan semakin besar. Karena sebenernya bisa diperkirakan dengan kalkulator ini.

Klik MULAI MENGHITUNG

Dana Pensiun

Masih lama? Memang bener sih. Tapi ini juga harus disiapkan sejak dini. Jangan sampai nanti pas sudah pensiun kebingungan. Kalau dah dihitung, jangan kaget dengan hasilnya. Tapi dengan dimulai mengumpulkan sejak dini dengan produk investasi yang tepat, nggak berat kok.

Klik MULAI MENGHITUNG

Dah selesai. Jadi ada 5 macam kalkulator. Jadi silahkan dicoba. Mudah-mudahan bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s