Posted in Teknologi

Opera 10 Alpha

Screenshot Opera
Screenshot Opera

Sekarang gue lagi ngeblog sambil nge-review versi terbaru dari Opera, yaitu Opera 10 Alpha. Masih Alpha sih. Kudu melewati Beta dulu sebelum versi finalnya diluncurkan. Tapi nggak apa-apa lah gue coba. Mumpung Speedy lagi cepet.

Secara penampilan sih oke banget! Nyaingin penampilannya Google Chrome. Simple. Tapi gue lebih suka Opera karena theme-nya cocok banget dengan theme blog gue. *liat screenshotnya*. Trus icon dan kombinasi warnanya cantik banget.

Tapi penggunaannya masih lebih nyaman Mozilla Firefox. Kalo di Opera ini, ketika scroll halaman keatas/kebawah kudu di klik dulu. Jadi nggak bisa langsung di scroll. Buar gue sih rada mengganggu. Sejauh ini sih baru itu yang gue rasain. Ntar deh gue pelajari lagi fasilitas-fasilitas lainnya.

Kayaknya Google Chrome bisa tersingkir nih kalo ngeliat dari tampilan Opera 10 yang cantik. Sama-sama simple tapi Opera lebih cantik. Dan kayaknya sih fasilitasnya lebih baik dari Chrome. Tapi kalo buat ngelawan Firefox masih susah. Dukungan addon-nya itu lho yang bisa mengalahkan Opera dan browser lain dengan telak.

**** UPDATE ****

Barusan nyoba make Opera 10 Alpha lagi. Berasa ada yang aneh. Kok kayaknya rada lemot pas nge-klik sesuatu. Eh pas gue cek, langsung kaget. Penggunaan memorinya gede banget. 318kb!! Trus gue coba pake Mozilla Firefox dan Google Chrome, masing2 hanya memakai 100kb dan 44kb! *dengan situs dan jumlah tab yang sama*. Parah banget. Jadi inget, kenapa dulu salah satu alasan gue mengalihkan penggunaan browser dari Opera ke Firefox adalah ya karena masalah ini. Opera memakan resource memori yang luar biasa BESAR!

7 thoughts on “Opera 10 Alpha

  1. loh, gw pikir opera makan resources lebih dikit loh, soalnya kalo gw liat di task manager opera plg 60an kalo gk salah tp FF bisa 100 lbh, xdd

  2. #1
    Pas startup awal memang lebih kecil dibanding FF. Tapi nggak tahu kenapa, pas buka 4 tab, memory yang kepake gede banget. Bisa jadi ada situs yang bikin penggunaan memory-nya melonjak.

    #2
    Ooo.. begitu yah. Jadi sama toh. Gue dah nggak pake Opera lagi sih sejak tahun 2006. hehe.

  3. opera juga makan resource besar banget!!!
    resource prosesor gw dimakan semua, padhl udah pake dual core!!!
    resource prosesor tinggal 50%
    apa ada yg salah setting neh? padahal ga ada yg di ubah-ubah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s