Posted in Ragam

Anak Kecil Ngerokok, Parah!

Abis nonton acara Jelang Siang di Trans TV. Dan ada sebuah berita yang bingung juga gimana nanggapinnya. Antara marah dan kagum. Marah karena nyokapnya kok bisa-bisanya membiarkan anaknya jadi perokok. Parah banget kan! Sedangkan yang membuat gue kagum, si anak bisa bikin huruf “O” dari asap rokoknya! Hebat yah. haha…

Anak kecil ngerokok, parah!
Anak kecil ngerokok, parah!
Duh gayanya... kayak orang gede
Duh gayanya... kayak orang gede

Jadi ceritanya, ada anak kecil yang umurnya sekitar 5 tahun sudah ketagihan dengan yang namanya rokok. Tiap hari, kata nyokapnya, bisa menghabiskan MINIMAL 2 batang rokok. Dan katanya lagi, kalo nggak dikasih rokok, si anak bakalan ngamuk dan juga jadi lemes. Akhirnya dikasihlah sama si nyokap. FYI, nyokap tersebut bekerja di sebuah perusahaan rokok.

Ketika ditanya sama reporternya, sejak kapan si anak mulai menghisap rokok, diketahui sejak dia berumur 2 tahun!! OMG! Jadi ketika kakeknya sedang ngerokok, si anak minta. Pertama-tama sih memang ditolak sama kakeknya tapi karena si anak rewel terus akhirnya nyerah si kakek dan ngasih rokok tersebut ke dia. Dan sejak itu, si anak nggak bisa lepas dari rokok.

Bener-bener dah. Kayaknya jadi orang tua tuh harus tegas. Begini jadinya kalo permintaan anak sering dikabulkan dan hati jadi lemah setiap si anak rewel (tapi memang berat sih, soalnya gue juga merasakan hal yang sama ke keponakan gue, suka gak tegaan). Bener juga apa yang dilakukan oleh seorang Nanny di acara Nanny 911 yang rutin ditayangin Metro TV. Disiplin itu penting (tentunya bukan dengan kekerasan).

One thought on “Anak Kecil Ngerokok, Parah!

  1. Secondhand smoke, also know as environmental tobacco smoke (ETS), is a mixture of the smoke given off by the burning end of a cigarette, pipe or cigar and the smoke exhaled from the lungs of smokers. It is involuntarily inhaled by nonsmokers, lingers in the air hours after cigarettes have been extinguished and can cause or exacerbate a wide range of adverse health effects in children, including SIDS (Sudden Death Infant Syndrome), cancer, respiratory infections, ear infection and asthma.
    Children’s exposure to secondhand smoke in Indonesia may be 43 Million.Around one-third of smokers – million people continue to smoke near children.Smoking by parents is the principal determinant of children’s exposure to secondhand smoke.

    Please navigate to http://savechildfromsmokers.blogspot.com , and join this group : SAVE CHILD FROM SMOKE (Facebook Group) : working together make a smoke-free homes and smoke-free zones for all children. Dr Widodo Judarwanto, Jakarta Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s