Posted in Olahraga

F1 Racing 2008, The Final!

Interlagos 2008
Interlagos 2008

Interlagos, bener-bener menjadi seri penutup F12008 yang sempurna. Mulai dari sebelum balapan dimulai sampai dengan akhir balapan, bisa membuat berdebar-debar. Terutama diakhir lomba.

Sejak balapan akan dimulai, penonton dan pembalap sudah disuguhi dengan awal yang mendebarkan, yaitu hujan! Hohoho. Otomatis balapan ditunda sehingga tim bisa mengganti ban mobil kering menjadi ban khusus untuk hujan.

Trus dipertengahan lomba, yang walaupun rada garink ketika sirkuit sudah kering, tetep layak buat ditonton. Apalagi kalo ngeliat cara nyetir Hamilton yang hanya berusaha bertahan supaya tidak keluar dari posisi ke-5. Dan dia semakin didekati oleh pembalap-pembalap lain.

Nah klimaksnya terjadi di lap-lap terakhir. Hujan kembali turun. Hampir semua pembalap mengganti bannya dengan wet tire. Padahal kalo gak salah, lap yang tersisa tinggal 5 lap lagi. Pada saat itu, posisi Hamilton masih aman diposisi ke-5. Sedangkan saingannya Felipe Massa berada di posisi pertama.

Sampai pada lap terakhir, klimaks drama musim 2008 dimulai. Menjelang lap terakhir, terlihat Hamilton gak bisa mengendalikan mobilnya. Padahal dia tengah dibuntuti secara ketat oleh Vettel (Torro Roso). Lalu secara mengejutkan Vettel berhasil.

Pada saat itu kayaknya sudah pada yakin aja Hamilton akan kehilangan gelar untuk kedua kalinya. Soalnya posisi aman untuk menjadi juara dunia, minimal Hamilton harus berada di posisi ke-5. Dan posisi tersebut baru aja direbut oleh Vettel.

Tapi mungkin memang kali ini Hamilton diberikan sedikit keberuntungan. Tidak lama setelah disusul oleh Vettel, beberapa tikungan menjelang garis finish, Glock (Toyota) yang berada diposisi ke-4, tidak bisa mengendalikan mobilnya dengan baik. Soalnya ketika hujan, dia tidak masuk pit untuk mengganti ban dan tetap menggunakan ban kering. Sehingga dengan mudah disusul oleh Vettel dan Hamilton. Tadinya banyak yang mengira, mobil Toyota yang disusul itu adalah backmarker. Sampai-sampai ketika Massa melewati garis finish, paddock Ferrari langsung jingkrak-jingkrak kesenangan sebelum diberitahu bahwa ternyata Hamilton berhasil finish diurutan ke-5 dan berhasil merebut gelar juara dunia.

Lewis Hamilton, juara dunia F1 2008

Lewis Hamilton
Lewis Hamilton

Selamat buat Lewis Hamilton. Memang layak dia mendapatkan gelar tersebut. Dengan berhasilnya dia menjadi juara dunia F1 musim ini, berarti dia berhasil menciptakan 2 rekor. Yang pertama, dia berhasil menjadi juara dunia termuda (23 years, 10 months and 26 days). Dan kedua, dia menjadi pembalap berkulit hitam pertama yang berhasil jadi juara dunia.

Sebenernya sejak musim kemarin, Hamilton mungkin sudah bisa merasakan gelar juara dunia. Apalagi dia sempat memimpin keunggulan 17 poin atas Kimi Raikkonen. Tapi mungkin karena masih muda dan belum berpengalaman, dia membuat banyak kesalahan sehingga kesempatan menjadi juara dunia kandas dan direbut oleh Raikkonen.

Tapi memang jago sih dia. Sejak masuk ke McLaren sudah langsung menyita perhatian. Bahkan juara dunia 2 kali, Fernando Alonso sampai dibuat tenggelam oleh dia. Kayaknya sih kalo performanya kayak begini terus dan performa McLaren tetep okeh, rekor-rekor Michael Schumacher bisa pecah.

Salut buat Felipe Massa

Felipe Massa
Felipe Massa

Walaupun gagal jadi juara dunia, Felipe Massa layak diberi acungan jempol. Sejak start, Massa terus memimpin lomba. Dan terlihat banget, dia yakin bakalan jadi juara di Interlagos dan yakin bakalan jadi juara dunia. Apalagi kalo melihat dukungan penonton Brasil yang heboh banget. Dan ketika Massa menyentuh finish pertama, berasa atmosfir yang luar biasa.

Masih ada hari esok? Bisa jadi. Tapi itu kalo performa pembalap favorit gue, Kimi Raikkonen masih angin-anginan kayak di musim ini. Tapi kalo ternyata Raikkonen kembali ke performa sebenarnya, well, kayaknya sulit buat Massa untuk mengulangi musim ini.

Vettel dan Glock

Seandainya Hamilton gagal menjadi juara dunia, Vettel bakalan jadi bintang juga di Interlagos. Karena dengan manuvernya melewati Hamilton, bisa membuat Massa menjadi juara dunia. Brasil bakalan berpesta hari itu. Tapi yang menjadi sorotan malah Glock. Ditikungan terakhir, dia gagal mengendalikan mobil sehingga dilewati Vettel dan Hamilton. Sehingga Hamilton berhasil merebut kembali posisi ke-5.

Sebel sih, tapi harus diakui it was a great race! Mudah-mudahan musim besok lebih seru lagi!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s