Posted in Teknologi

Blokir, Blogger dan Roy Suryo

Beberapa hari yang lalu, pengguna dunia maya di Indonesia diributkan oleh 2 buah masalah, yaitu tentang pemblokiran terhadap situs-situs penyedia film Fitna dan juga tuduhan Roy Suryo terhadap blogger.

Pemblokiran situs

Berawal dari beredarnya film Fitna di Internet yang menyinggung perasaan umat Islam. Dengan maksud melindungi keharmonisan antar umat beragama, pemerintah kemudian meminta kepada penyedia internet untuk menutup akses berbagai situs dan blog yang menyediakan film tersebut. Situs-situs yang tidak bisa diakses lagi antara lain adalah Youtube, Multiply, MySpace dan lain-lain.

Sebenernya seandainya yang diblok hanya konten yang dilarang yang diblok, kayaknya masalah tidak akan sebesar ini. Tetapi ternyata malah seluruh isi dari situs tersebut yang diblok. Padahal isi situs tersebut tidak hanya berisi film Fitna. Kesannya kok pemerintah mau gampangnya aja. Padahal kan seandainya pemerintah ingin ngeblok film tersebut seperti yang ada di Youtube, [salah satu caranya] cukup dengan ngeblok url-nya aja.

Tapi kelihatannya Menkominfo, M. Nuh, mendengar keluhan masyarakat, sehingga saat ini situs-situs tersebut sudah bisa diakses.

Roy Suryo vs Blogger

Kalo yang ini, kayaknya bermula dari komentar Roy Suryo di Elshinta mengenai pengerusakan situs Depkominfo dan Golkar. Dia menuduh para blogger lah yang merusak kedua situs tersebut dan juga dia menuduh beberapa blogger sebagai blogger negatif, seperti blognya Priyadi dan Eko Juniarto.

Ini yang membuat para blogger kesal dengan berbagai tuduhan yang dilakukan oleh Roy Suryo. Tapi untunglah masih banyak yang berkepala dingin sehingga terciptalah pertemuan antara Roy Suryo dengan para blogger. Pertemuan yang diusulkan oleh Riyogarta ini, berhasil diselenggarakan di Universitas Budi Luhur pada tanggal 11 April 2008, jam 09.00-11.00. Dan juga bisa disaksikan secara streaming melalui Universitas Bina Nusantara. Hasilnya? Kayaknya sih masih ada [banyak?] yang kurang puas.

Rujukan

2 thoughts on “Blokir, Blogger dan Roy Suryo

  1. halo bro jawe, sory OOT nih, abis bingung mo nanya ke siapa lg. Apa FR lagi down, udah berapa hari ini ko saya ngga bisa ngakses ya??? thx

    -amagus-

  2. Wah bro amagus spamming ditempat gue neh. *hehehe*

    Kalo ada yang mo ngobrol lewat email aja bro. Nih email gue jawe2000 AT gmail DOT com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s