Posted in Ekonomi

Kesalahpahaman NAB

Banyak kesalahpahaman terhadap NAB (Nilai Aktiva Bersih) suatu reksadana yang dilakukan oleh investor baru. Seperti yang pernah gue lakukan juga. Mereka mengira ketika akan melakukan pembelian/top-up, berpatokan terhadap NAB yang dipublikasikan oleh berbagai media pada hari itu. Padahal NAB yang dipublikasikan itu merupakan NAB kemarin.

Ceritanya begini, seandainya hari ini, Kamis, kita akan melakukan pembelian/top-up (sebelum jam 12.00) maka NAB hari kamis tersebut belum diketahui. Dikarenakan harus menunggu pasar saham selesai. Setelah itu, MI (Manager Investasi) yang mengelola Reksadana kita akan memberikan surat-surat transaksinya kepada Bank Kustodian. Bank Kustodian akan menghitung keuntungan/kerugian dari transaksi tersebut, kemudian baru bisa menentukan besar NAB hari kamis, yang akan diumumkan keesokan harinya (jumat).

Intinya adalah kita tidak akan mengetahui NAB ketika akan melakukan pembelian/top-up. Seandainya kita akan melakukan transaksi sebelum jam 12.00, maka kita akan mendapatkan NAB yang diumumkan keesokan harinya. Sedangkan kalo setelah jam 12.00, maka kita akan mendapatkan NAB yang akan diumumkan besok lusa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s