Posted in Curhat, Teknologi

Masalah Install Windows XP di Compaq C501

Kemaren gue nemenin bokap beli Laptop di 1st Computer Store Square di Ratu Plasa. Ada beberapa pilihan merk dan akhirnya pilihannya jatuh ke Compaq C501. Karena selain perlengkapannya sudah lumayan lengkap, harganya pun lumayan murah yaitu Rp. 4.6 juta.

Tapi masalah timbul ketika gue mau menginstall Windows XP di laptop. Windows-nya ngga mengenali harddisk-nya. Untung aja gue suka beli majalah CHIP (edisi ekonomis). Di edisi bulan Juni ini ngebahas masalah yang sama dengan masalah yang gue hadapi. Di jelaskan bahwa tidak adanya driver di CD Windows yang menjadi penyebabnya. Jadi alternatifnya, gue kopi driver buat storage tersebut ke floppy drive usb (untung floppy drive om gue ada di rumah gue).

Cara menginstall-nya, ketika Windows me-loading driver-driver-nya, pencet F6. Nah nanti ada pilihan buat nge-loading driver lewat floppy drive usb. Ntar lo pilih driver yang buat notebook. Abis itu install Windows-nya berjalan dengan lancar.

Ada sih cara lain kalo nggak punya floppy drive usb. Di CHIP dijelasin kok. Tapi kok gagal terus yah. Soalnya kok di tempat gue, program nlite-nya yang di berikan CHIP nggak ada pilihan buat bikin file ISO. Padahal gue lihat di majalahnya ada pilihan tersebut. Nanti deh dicoba lagi.

3 thoughts on “Masalah Install Windows XP di Compaq C501

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s