Posted in Teknologi

Menghilangkan Bunyi Aneh Ketika Shutdown

Ketika masih pake satu OS doang di laptop gue yaitu Ubuntu, gue nggak merasakan ada keganjilan dengan shutdown-nya Ubuntu Feisty. Semuanya terasa normal-normal saja. Tapi ketika gue meng-install Windows XP, baru sadar ada yang salah dengan Ubuntu.

Jadi ketika memakai Windows, sewaktu shutdown, tidak terdengar suara apa-apa. So Quiet. Tapi sewaktu gue mau shutdown Ubuntu, ada suara “Kleq”. Suaranya itu seperti ketika komputer dimatikan secara mendadak, tidak melalui proses shutdown. Wah, gue berpikir bisa rusak harddisk kalau begini terus.

Akhirnya ketemu juga pemecahannya dari YK di milis id-ubuntu. Begini caranya:

Simply write a file at “/etc/rc0.d/S00hdd-shutdown-workaround” which includes this two lines:
#!/bin/sh
echo 1 > /sys/class/scsi_disk/0\:0\:0\:0/stop_on_shutdown

If you have more than one directory at “/sys/class/scsi_disk/” try to find out which of it is your internal harddisk (e.g. “cat /sys/class/scsi_disk/a:b:c:d/device/model”) If you have more than one harddisk add another line for each of them.

Then make it executable (“chmod +x filename”)
At the next shutdown it should park the hd heads.

Sumbernya didapat dari SINI

Leave a Reply

