Operasi Katarak

Kemarin bokap operasi katarak di Jakarta Eye Center (JEC) Kebon Jeruk. Operasi kali ini adalah operasi katarak yang kedua kalinya. Kali ini yang dioperasi adalah mata sebelah kiri. Sekitar 2 mingguan deh jaraknya dari operasi yang pertama.

Katarak sebelah kanan (yang dioperasi pertama kali), didiagnosis sama dokter sebanyak 50%. Sedangkan operasi yang kedua “hanya” 20%.

Mendengar kata “operasi”, buat sebagian orang (gue salah satunya) adalah sesuatu yang mengerikan. Gue selalu deg-deg-an setiap kali ada orang yang akan dioperasi.

Tapi ternyata operasi katarak ini “keliatannya” simple banget. Kalau dihitung-hitung, lama operasi katarak yang dilakukan cuma berlangsung 15 menitan. Dan kalau dilihat dari brosurnya, mata cuma disayat 1,8 milimeter. Trus dihisap deh kataraknya.

Hebatnya lagi, bokap langsung bisa beraktifitas. Jadi nggak perlu pakai acara dirawat segala. Langsung bisa pulang setelah melakukan operasi. Ya nggak langsung pulang sih. Kudu bayar dulu. hehe..

Biaya untuk melakukan operasi yang pertama sebesar Rp. 8,7 juta. Kalau biaya operasi yang kedua gue nggak tahu. Tapi kayaknya sih berkisar Rp 8 juta – Rp. 9 juta.

O iya, ada hal yang menarik jika dioperasi di JEC. Pihak keluarga dan juga pengunjung-pengunjung lainnya bisa menyaksikan jalannya operasi. Jadi ruang operasi dengan ruang pengunjung hanya dipisahkan dengan kaca. Nyokap sih serius melihatnya. Gue emoh. Serem!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s